FOLLOW MY SOCIAL MEDIA

Translate

Inilah bedanya CV dengan Resume : Pengertian dan Tujuannya

Inilah  bedanya CV dengan Resume : 

Pengertian dan Tujuannya





Hi bestie, 

kamu tau nggak? Ternyata CV dan resume itu nggak sama lho. 

walaupun tujuannya sama-sama untuk “memperkenalkan diri kamu” melalui surat lamaran kerja, tetapi terdapat beberapa poin yang membedakan diantarakeduanya.


Penasaran dimana perbedaannya kaan?? penasaran aja atau penasaran banget nih??, 

kalau kamu penasaran apakah selama ini yang kamu buat itu adalah CV atau resume, mari ketahui perbedaannya terlebih dahulu di article ini


 


APAKAH CV ITU???

CV merupakan kepanjangan dari kata Curriculum Vitae, ini adalah dokumen yang berisi mengenai daftar riwayat hidup, perjalanan karier, dan informasi pribadi seseorang. 

pada umumnya CV digunakan untuk melamar pekerjaan yang di dalamnya tertera berbagai poin penting mulai dari pengalaman kerja, kemampuan/skill, dan riwayat pendidikan si pelamar.


pada CV kamu juga dapat mencantumkan berbagai prestasi yang telah dicapai seperti kejuaraan di bidang akademik, penghargaan dalam perjalanan karier, serta sertifikasi dan riwayat training atau kursus yang pernah kamu ikuti.


Selain untuk keperluan melamar pekerjaan di perusahaan, CV juga biasa digunakan untuk lamaran menjadi akademisi, dosen, atau asisten peneliti. 

Berbeda dengan tujuan pekerjaan, CV akademis mencantumkan beberapa informasi tambahan seperti, pengalaman mengajar, gelar, penelitian, penghargaan, publikasi, presentasi, dan pencapaian lainnya.


Secara umum tidak ada batasan berapa lama CV dapat digunakan, kamu dapat terus mempebarui dan memperbaikinya selama masih berkarier. 

Kamu dapat memperbarui CV dengan menambah berbagai pencapaian yang telah didapatkan secara berkala.


Adapun yang menjadi ciri khas dari CV yaitu bisa terdiri lebih dari satu halaman. maksudnya, jika kamu memiliki pengalaman yang banyak, tidak menutup kemungkinan CV-mu bisa mencapai 5-8 halaman bahkan lebih.


CV juga bisa disusun berdasarkan tujuan. Jika digunakan untuk melamar pekerjaan maka pengalaman kerja ditempatkan di halaman pertama. Namun khusus bagi akademisi, kamu dapat menempatkan riwayat pendidikan di halaman pertama.



Bagian yang harus ada dalam curriculum vitae (CV):


  • Nama lengkap
  • Deskripsi tentang dirimu
  • Informasi kontak
  • Professional title
  • Pengalaman kerja
  • Kemampuan profesional
  • Pengalaman organisasi
  • Penghargaan
  • Sertifikat
  • Pengalaman kursus/sertifikasi/pelatihan
  • Referensi


Nantinya bagian-bagian penting tersebut dapat dicantumkan sesuai dengan pengalamanmu. akan tetapi, khusus untuk referensi, kamu harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari pihak yang bersangkutan.


Adapun referensi pada CV adalah orang-orang yang pernah bekerja sama denganmu dan dapat diminta keterangan lebih detail mengenai informasi yang kamu tulis dalam CV tersebut. misalnya : atasan kamu dan lain sebagainya.


Di samping itu, perlu diingat, CV yang panjang tidak selalu menjamin kesuksesan lamaranmu, jika berisi data yang tidak jelas atau tidak relevan maka itu malah akan menimbulkan keraguan.


nah itulah penjelasan tentang CV. selanjutnya kita bahas tentang Resume ya..


APAKAH RESUME ITU ???


Resume merupakan dokumen singkat berupa rangkuman tentang pengalaman kerja hingga riwayat pendidikan. 

sebenarnya Resume sekilas hampir sama dengan CV, yaitu berisi berbagai informasi tentang dirimu. tetapi, biasanya dokumen ini memiliki informasi yang lebih singkat, padat, dan hanya terdiri dari satu halaman saja.


Secara keseluruhan, penulisan resume akan lebih fokus terhadap pengalaman kerja terbaru kamu dengan kualifikasi yang relevan. jadi kamu tidak perlu mencantumkan pengalaman kerja yang tidak relevan dengan lowongan yang di butuhkan.

Resume sering dilampirkan dalam email lamaran kerja. Hal ini karena dokumen ini biasa digunakan oleh rekrutmen untuk tahap awal dalam perekrutan. 

Nah, agar kamu tidak bingung, berikut adalah bagian yang harus ada didalam resume kamu:


  • Nama lengkap
  • Deskripsi singkat
  • Jabatan atau nama posisi yang dilamar
  • Informasi kontak
  • Pengalaman kerja
  • Riwayat pendidikan
  • Keterampilan yang relevan
  • Bahasa 


penjelasan di atas saya harap sudah memberikan pencerahan untuk kamu tentang CV dan Resume ya.

sekarang kita bahas perbedaannya.


Perbedaan CV dan RESUME


Berikut ini beberapa perbedaan antara CV dan RESUME yang perlu kamu ketahui:


1. Informasi yang dicantumkan

CV memiliki informasi yang lebih lengkap daripada resume. Pada CV pengalaman kerja dan riwayat pendidikan dijelaskan lebih detail. Sedangkan pada RESUME, informasi yang dicantumkan dibuat lebih ringkas.


2. Jumlah halaman

Perbedaan resume dan CV yang paling mencolok adalah Jumlah masing-masing dokumen. Resume dibuat singkat dan biasanya cukup 1 halaman, sedangkan CV karena lebih lengkap Jumlah halaman bisa mencapai 5-8 halaman atau lebih tergantung pada pengalaman.


3. Tujuan

CV bertujuan untuk merangkum seluru kualifikasi yang kamu miliki, mulai dari akademik, prestasi, dan sertifikasi kemampuan. Maka dari itu, CV dapat digunakan untuk tujuan akademis maupun pekerjaan. CV juga bersifat luas karena dapat diperbarui saat kamu menggunakannya.

sedangkan seperti yang sudah di uraikan diatas, RESUME harus dibuat dan disesuaikan untuk pekerjaan yang di butuhkan oleh pihak recruiter. 

jadi pengertian resume juga bisa didefinisikan sebagai ringkasan daftar riwayat hidup yang digunakan untuk melamar satu jenis pekerjaan saja.


4. Struktur penulisan

Dalam format penulisan, CV biasanya tersusun dengan lebih formal, statis, serta tersrtuktur dengan baik. hal ini berbeda dengan RESUME yang bersifat lebih fleksibel atau lebih bebas karena harus menyesuaikan dengan posisi lamaran yang kamu tuju.


5. Sifat dokumen

CV (Curriculum Vitae) lebih ditujukan untuk posisi pekerjaan yang memerlukan kualifikasi yang tinggi dan pengalaman kerja kamu yang panjang.


RESUME, dokumen ini lebih ditujukan pada posisi pekerjaan yang lebih umum dan tidak memerlukan pengalaman kerja yang panjang.


Kesimpulannya, baik CV atau RESUME sebetulnya memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk memberikan informasi mengenai kemampuan yang dimiliki, serta pengalaman kerja dan pendidikan yang sudah kamu jalani.


 Tips Membuat CV dan Resume yang Baik 

Ada beberapa hal penting yang perlu kamu perhatikan dalam penyusunan CV atau pun resume, yaitu:


1. Sertakan rincian kontak dan informasi pribadi yang sebenarnya

kontak informasi yang benar dapat membantumu untuk mendapatkan pekerjaan atau tujuan lain dengan lebih mudah.


2. Ringkas dan jelas

Meskipun kamu bisa menuliskan pengalaman dalam CV dengan lebih detail, buatlah ia tetap ringkas dan padat. Pastikan informasi yang kamu tulis memang sangat penting dan bernilai.


3. Gunakan bahasa yang profesional

Gunakan bahasa yang profesional dan formal, baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Manfaatkan juga berbagai powerful vocabulary yang dapan menambahkan nilai plus pada  CV atau resume kamu.


4. Buat terlihat menarik

Dalam hal ini, pilihlah desain CV atau resume yangn simple dan elegant.  sehingga membuat rekruter “nyaman” untuk membaca informasi di CV-mu.


5. Cek ulang dan pastikan tidak ada kesalahan

Selalu re-check CV dan resume kamu sebelum mengirimkannya pada rekruter. Pastikan tidak ada kesalahan penulisan atau tata bahasa yang salah dan selalu perbarui dan perbaiki CV dan resume secara berkala....


 Sekarang kamu sudah tahu apa perbedaan resume dan CV bukan... semoga bermanfaat


Comments

Popular Posts

Entri Populer

WARNA GRAFIKA KEPRI