UKURAN DAN FORMAT IKLAN BANNER TERBAIK UNTUK BLOG ATAU WEBSITE
UKURAN DAN FORMAT IKLAN BANNER TERBAIK UNTUK BLOG ATAU WEBSITE
Mendapatkan manfaat dan penghasiran dari artikel di blog adalah tujuan dari setiap Blogger, selain dari menyalurkan hobi dalam menulis artikel, berbagi informasi dengan pengunjung, mempromosikan diri dan produk usaha milik sendiri dan masih banyak lagi tujuan dari pembuatan blog seperti mendapatkan penghasilan dari iklan google adsense ataupun dari pihak lain yang ingin berpromosi di blog anda.
Jika Anda saat ini baru di terima oleh Google AdSense, memasang iklan produk milik sendiri atau mendapatkan kontrak dari pihak lain untuk pemasangan iklan di blog milik kalian maka akan ada beberapa pertanyaan yang akan muncul dibenak Anda yaitu tentang Berapa ukuran iklan yang paling bagus, memiliki kinerja tertinggi dan menghasilkan uang atau klik terbanyak? Selain itu, juga dimana letak posisi iklan yang bagus untuk meningkatkan pendapatan IKLAN
1. Square (250 × 250)
Ini adalah ukuran iklan banner AdSense terbaik terakhir adalah kotak kotak kecil dan juga sering digunakan oleh para blogger, tapi ukuran ini mungkin kurang bekinerja dengan baik. Dan kelemahannya adalah bahwa ukuran iklan ini memiliki inventaris iklan yang lebih kecil yang dapat mengakibatkan iklan berbayar rendah. Namun, jika situs Anda berada dalam industri yang kompetitif, maka itu bisa berjalan dengan sangat baik tanpa mempengaruhi pengalaman pengguna.
2. Medium Rectangle (300 × 250)
Format
Iklan Banner Google AdSense Terbaik yang pertama ini mendukung iklan untuk
gambar dan juga teks. Format ini juga dapat diletakkan di berbagai tempat yang
strategis seperti sidebar, dalam bagian konten baik sisi atas, tengah atau
bawah. Dan yang paling penting ini juga cocok untuk ditampilkan pada website
untuk layout mobile.
Dengan
format ukuran yang cocok untuk berbagai area website dan ini juga tergolong
memiliki ukuran yang tidak besar dan juga tidak terlalu kecil maka para
pengiklan lebih suka dengan ukuran banner ini. Pada website saya pribadi ukuran
ini memiliki nilai tingkat klik yang tinggi. Selain itu, format iklan ukuran
ini juga tidak mengganggu pengunjung Anda.
3. Large
Rectangle (336 × 280)
Format
iklan banner AdSense terbaik berikutnya untuk jenis ukuran yang bekerja dengan
baik, dan ini memiliki bentuk yang sama dengan yang pertama, tapi kebanyakan
untuk format iklan jenis ini tidak pas untuk diletakkan di sisi sidebar website
karena jarang sekali tema website memiliki ukuran sidebar diatas 300 piksel.
Format
iklan ukuran ini sangat cocok untuk Anda tempatkan pada konten disebelah
tulisan sehingga tampak seperti dua kolom, dan cocok untuk Anda tempatkan pada
posisi tengah, atas maupun bawah konten. Ini juga mendukung iklan untuk
menampilkan gambar dan teks.
4. Leaderboard
(728 × 90)
Format
iklan banner AdSense terbaik berikutnya ukuran ini juga paling umum dan banyak
digunakan oleh para pengiklan untuk mempromosikan produk mereka, dan ini juga
sering digunakan oleh para pemain Google AdSense. Kebanyakan format iklan jenis
ini sering dipasang pada bagian header website.Ini mendukung format iklan teks
dan gambar namun tidak mendukung iklan seluler.
Karena
format iklan leaderboard ini sering diletakkan pada bagian header dan
penempatan tersebut terlihat menonjol, maka para pengiklan sering menganggap
ukuran ini sangat ideal untuk mempromosikan produk mereka sehingga akan sangat
mungkin nilai klik dan bayaran yang akan Anda terima juga besar dari format
iklan ini.
5. Large
Mobile Banner (320 × 100)
Large
Mobile Banner adalah format iklan untuk layout mobile, dan ini setara dengan
format iklan leaderboard dalam hal efektivitas tapi untuk ukuran perangkat
mobile. Idealnya itu bekerja paling baik bila diletakkan dibagian atas tepat di
bawah header.
Karena
lalu lintas seluler menghasilkan sebagian besar pengguna untuk sebagian besar
website, maka format iklan ini mendapatkan inventaris iklan yang lebih baik.
Format iklan jenis ini dapat ditempatkan sebagai iklan yang kurang mengganggu
dan sebagai pengganti format iklan medium rectangle.
6. Mobile Banner
(320 × 50)
Mobile
Banner berukuran setengah lebih rendah dibandingkan dengan format iklan large
mobile banner. Untuk ukuran ini memang sedikit kurang efektif namun tidak
begitu mengganggu pengunjung website Anda dan menawarkan pengalaman iklan yang
lebih baik pada perangkat mboile dengan ukuran layar yang lebih kecil.
Karena
saat ini banyak pengunjung yang menggunakan smartphone maka iklan untuk ukuran
mobile menjadi populer di kalangan pengiklan yang berarti iklan tersebut
mendapatkan inventori iklan yang cukup besar. Dengan penempatan yang tepat, ini
dapat bekerja dengan sangat baik dengan lalu lintas yang bersumber dari
smartphone.
7. Potrait (300 × 1050)
Potrait
adalah format iklan banner vertikal yang sedikit lebih lebar dan panjang.
Karena ukurannya, format iklan ini menarik pengiklan brand-centric yang
menginginkan lebih banyak ruang iklan untuk pesan mereka.
Format
iklan ini lebih ideal untuk dipasang pada konten samping tulisan atau di
sidebar karena lebih terlihat saat pengguna memindai konten halaman Anda.
Bagian yang sulit dari penggunaan format ini tentu saja cara menempatkan di
website Anda karena ukuran yang sangat besar ditambah pengunjung mungkin tidak
suka dengan website Anda karena iklan yang mengganggu.
8. Billboard
(970 × 250)
Billboard
adalah format iklan banner horizontal yang sangat lebar dan besar yang dapat
ditempatkan secara ideal di bagian atas atau bawah halaman Anda. Ini cenderung
mendapatkan iklan yang lebih baik karena ruang yang ditawarkannya kepada
pengiklan, namun memiliki inventaris iklan yang lebih kecil.
Format
iklan ini juga sulit diterapkan pada website Anda jika layout website tidak
disesuaikan dengan iklan sebesar ini, selain itu juga sedikit pengiklan yang
memilih ukuran banner ini.
9. Large Skyscraper (300 × 600)
Large Skyscraper adalah iklan dalam bentuk banner vertikal yang lebar, format iklan jenis ini juga sering digunakan oleh pengiklan yang menginginkan lebih banyak ruang iklan untuk mengkomunikasikan pesan mereka secara efektif pada pengunjung.
Karena ukuran yang besar, ini bisa menjadikan iklan bernilai tinggi dan juga kesempatan mendapatkan klik juga lebih besar. Namun, iklan ini mungkin akan sedikit mengganggu pengunjung Anda karena ukuran yang besar, dan lebih baik format iklan untuk ukuran ini di letakkan pada posisi sidebar atau dalam konten disamping tulisan.
10. Wide Skyscraper (160 × 600)
Wide Skyscraper merupakan format ukuran iklan banner vertikal yang dirancang khusus untuk sidebars sempit. Ini mendukung format iklan gambar dan teks dan sangat populer di kalangan pengiklan.
Format ini juga tidak terlalu mengganggu dan bahkan akan terlihat mudah berbaur dengan desain website Anda. Iklan ini cocok untuk Anda letakkan pada bagian sidebar atau dalam konten disamping tulisan. Namun, ini kurang efektif dibanding dengan format large skyscraper yang cenderung menarik lebih banyak perhatian pengguna terhadap iklan.
Berikut ini saran untuk memaksimalkan jumlah ruang iklan dalam blog anda
Kemampuan dalam memaksimalkan
ruang iklan Anda dengan benar tentu akan menjadikan Anda dapat menghasilkan
uang yang lebih banyak iklan, dan berikut adalah beberapa tips
untuk memastikan bahwa Anda memanfaatkan sepenuhnya potensi website Anda saat
menggunakan iklan untuk menghasilkan pendapatan blog.
§
Uji berbagai penempatan iklan – Coba beberapa format iklan yang berbeda untuk mengetahui format iklan mana yang memberi Anda RKPT
yang lebih baik dan format mana yang memberi Anda iklan yang buruk.
§
Tampilkan beberapa iklan memungkinkan Anda
menggunakan hingga 3 unit iklan di halaman. Cobalah berbagai penempatan dan
format iklan untuk menguji kombinasi mana yang paling sesuai untuk Anda. Perlu
di ingat bahwa unit iklan bukan berarti jumlah iklan karena satu unit iklan
bisa Anda gunakan untuk menampilkan 2, 3 bahkan lebih.
§
Utamakan pengunjung – Meskipun pendapatan iklan penting untuk
kelangsungan hidup banyak situs web, Anda juga perlu memikirkan pengunjung atau
pengguna Anda. Menempatkan iklan dengan cara yang mempengaruhi pengalaman
pengguna akan mempengaruhi keterlibatan pengguna di website Anda dan juga SEO
website Anda.
§
Optimalkan kinerja website – Penelitian menunjukkan bahwa
website yang lebih cepat biasanya mendapatkan pemirsa yang lebih terlibat dan
ini berarti RKPT lebih tinggi untuk iklan Anda.
Comments
Post a Comment
Silahkan Tinggalkan Komentar dan Saran Anda disini